PROPOSAL
“DEGAN COCONYES”
FAROUQ IQBAL FATA : 2021 09 377
RISKY SYAH KOMARA : 2021 09 398
M. FARIS SAPUTRA : 2321 09 399
MUHAMMAD KAMAL :
202 109 372
JURUSAN PAI TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI ISLAM NEGERI
STAIN PEKALONGAN
2011
1.
IDENTITAS
USAHA
Nama Usaha : DEGAN COCONYES
Sesuai dengan nama yang akan
didirikan yaitu “DEGAN COCONYES”, usaha yang akan dirintis berupa tempat
pelepas dahaga ini sangat cocok untuk semua kalangan yang ingin menghilangkan
dahaga. Tempat ini menyediakan berbagai menu, diantaranya Donal, Delon, Desi,
Desusi, Desuklat, dan Desuput.
Alamat : Jl. Kimangun Sarkoro Dracik Batang
Setelah mencari-cari tempat untuk
usaha ini, kami memutuskan untuk memilih di daerah kompleks sekolah yang berada
di Jl. Kimangun Sarkoro karena tempatnya sangat strategis dan banyak anak-anak
sekolah maupun guru-guru yang lewat.
Pemilik Usaha : Risky Syah Komara dan
Muhammad Faris Saputra
Karena usaha ini adalah bisnis yang
sangat menjanjikan beberapa tahun kedepan, dan nantinya akan datang banyak
pelanggan, maka kami merekrut satu orang karyawan, yaitu Farouq Iqbal Fata.
2.
LATAR
BELAKANG
I.
Banyak jalan menuju kesuksesan yang bisa kita
raih, salah satu diantaranya adalah membuat sebuah bisnis baru yang menggiurkan
dan selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas.
Bisnis minuman ini adalah pilihan bisnis
yang sangat menjanjikan beberapa tahun ke depan. Sebab, masyarakat saat ini
sangat berminat untuk mencicipi berbagai kuliner yang ada di Indonesia. Bisnis
minuman tidak pernah mati selama manusia masih memerlukan minum, jadi peluang
inilah yang menjadi patokan kami untuk usaha ini.
II.
Untuk memulai usaha ini, kami mengusahakan untuk
tempat terlebih dahulu. Tempat yang kami gunakan adalah di rumah yang berada di
Jl. Kimangun Sarkoro yang sangat strategis dan berada di sekeliling kompleks
sekolah. Hal selanjutnya yang dilakukan kami adalah membeli peralatan pembuatan
aneka minuman yang terbuat dari kelapa muda atau yang biasa disebut degan.
Kemudian gelas-gelasnya juga, meja dan kursi, setiap meja yang digunakan dapat
ditempati sampai enam orang. Langkah selanjutnya adalah tahap promosi agar
usaha kita dikenal publik. Promosi cukup pada beberapa saat sebelum sampai
sesudah pembukaan saja, sesudah itu kita manfaatkan promosi dari mulut ke mulut
para konsumen.
3.
PROGRAM
PEMASARAN
I.
Konsep Produk dan Sasaran
Konsep produk yang dijual adalah kelapa
muda yang dicampur dengan bahan-bahan lain, yang mana kelapa muda ini sangat
pas untuk diminum bagi semua kalangan. Namun pasar sasaran yang ingin kami
layani dalah siswa-siswi yang bersekolah di kompleks Dracik, baik itu
siswa-siswi SD, SMP maupun SMA.
II. Program
Pengenalan dan Promosi
Berhubung masih baru, cara menarik
pengunjung untuk mengunjungi tempat kami adalah dengan memberikan diskon selama
satu minggu dan menyebarkan pamflet-pamflet iklan di jalan raya. Dengan begitu,
pengunjung akan tertarik dengan tempat pelepas dahaga ini, dan pelayanan yang
ada sesuai dengan iklan sehingga mereka tidak kecewa dengan apa ayang
disajikan.
III. Penetapan
Harga
Berdasarkan harga kelapa muda yang
relatif terjangkau, kami menetapkan harga yang sesuai variant minuman yang kami
sediakan, diantaranya adalah:
Ø
Donal (Degan
Original) Rp. 2.500,-
Ø
Delon (Degan
Melon) Rp. 3.500,-
Ø
Desi (Degan
Sirup) RP.
3.500,-
Ø
Desusi (Degan
Susu Sirup) Rp. 4.000,-
Ø
Desuklat (Degan
Susu Coklat) Rp. 4.000,-
Ø
Desuput (Degan
Susu Putih) Rp. 4.000,-
Dan masih banyak varian yang sesuai selera atau permintaan
konsumen. Setelah berjalan dengan lancar, kami akan mengembangkan usaha ini
dengan berbagai makanan seperti : roti bakar, ice cream, dll.
IV. Distribusi
/ Penyampaian Produk
Konsumen
dapat menikmati hidangan yang kami sajikan ditempat kami, atau jika konsumen
ingin menikmatinya di rumah, kami dapat membungkusnya dengan plastik yang kami
sediakan.
4.
PROGRAM
PRODUKSI
I.
Peralatan yang Digunakan
-
Wadah Air dan Kerokan Degan
-
Gelas
-
Sendok
-
Penampan
-
Plastik
-
Sedotan
II. Bahan
yang Digunakan
-
Es Batu
-
Degan
-
Melon
-
Sirup
-
Susu Coklat
-
Susu Putih
-
Dll
III. Cara
Produksi
Disajikan di
dalam gelas dengan mencampur degan dengan bahan-bahan yang ada sesuai dengan
permintaan konsumen, atau jika konsumen ingin menikmati minuman ini dirumah,
kami bisa membungkusnya dengan plastik yang kami sediakan.
IV. Target
Produksi
Target
produksi dari semua kalangan, terutama anak-anak sekolah ataupun guru-guru yang
berada di sekitar kompleks tersebut.
5.
PROGRAM
SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber daya yang kami rekrut hanya satu
orang. Mengingat usaha ini adalah usaha kecil yang pada umumnya orang bisa
melakukan pekerjaan ini, maka tidak diperlukan ketrampilan khusus seperti usaha
di restaurant, yang diperlukan hanya keuletan kerja dari karyawan tersebut.
Sistim penggajian yang akan kami berikan
adalah gaji berdasarkan kerja per satu bulan, dengan nominal Rp. 450.000,-
6.
PROGRAM
KEUANGAN
I.
Jumlah Dana
Jumlah
dana investasi yang kami butuhkan Rp. 13.000.000,-
II. Sumber
Dana
Untuk membuka usaha pelepas dahaga ini,
sumber dana yang didapat berasal dari pinjaman dan tabungan dari kami.
III. Cara
Menghitung Biaya Produksi
RINCIAN
AWAL BELANJA
Uraian
|
Harga
Satuan (Rp)
|
Keterangan
|
Jumlah (Rp)
|
Tempat Usaha
|
350.000/bulan
|
12 bulan
|
4.200.000
|
Gerobak Etalase
|
1.500.000
|
||
Gelas
|
2.500/buah
|
30 buah
|
75.000
|
Sendok
|
12.500/lusin
|
2 lusin
|
25.000
|
Penampan plastik, basket buah
|
200.000
|
||
Meja-kursi
|
50.000/buah
|
3 buah
|
1.500.000
|
Alas Karpet
|
2x3
|
200.000
|
|
MMT dan Spanduk
|
100.000
|
||
Retribusi tempat, listrik, air, dll
|
200.000
|
||
1 Karyawan
|
450.000/bulan
|
12 bulan
|
5.400.000
|
Lain-lain
|
150.000
|
||
JUMLAH
|
12.200.000
|
||
Bahan makanan
|
800.000
|
||
JUMLAH
|
13.000.000
|
7.
PROYEKSI
KINERJA
I.
Target Penjualan
60
gelas/hari, è
60x30x12 = 21.600 gelas/tahun
II. Analisis
Break Event Point
a. Biaya
variabel, terdiri dari:
-Biaya
Bahan Baku Rp.
1.500/gelas
-Bahan-bahan Pembantu Rp. 1.000/gelas
Jumlah Rp.
2.500/gelas
b. Biaya
tetap, terdiri dari:
-Sewa
Tempat 1 Tahun Rp.4.200.000,-
-Peralatan,
dll Rp.
2.600.000,-
-1 Karyawan, per tahun Rp. 5.400.000,-
Jumlah Rp.
12.200.000,-
c. Harga
jual rata-rata 3500/gelas
BEP
=
= = 12.200 gelas / tahun
III. Bukti
Laporan Keuangan
Penjualan 21.600 x Rp. 3.500,- =
Rp. 75.600.000,-
Biaya Variabel 21.600 x Rp. 2.500,- =
Rp. 54.000.000,-
Margin Kontribusi = Rp. 21.600.000,-
Biaya Tetap =
Rp. 12.200.000,-
Laba =
Rp. 9. 400.000,-