Sunday, 13 September 2015

MALAKAH KEWIRAUSAHAAN (PROPOSAL ES DEGAN COCONYES)

PROPOSAL
“DEGAN COCONYES”


FAROUQ IQBAL FATA                 : 2021 09 377
RISKY SYAH KOMARA               : 2021 09 398
M. FARIS SAPUTRA                       : 2321 09 399
MUHAMMAD KAMAL                  : 202 109 372


JURUSAN PAI TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI ISLAM NEGERI
STAIN PEKALONGAN
2011
1.      IDENTITAS USAHA
Nama Usaha : DEGAN COCONYES
       Sesuai dengan nama yang akan didirikan yaitu “DEGAN COCONYES”, usaha yang akan dirintis berupa tempat pelepas dahaga ini sangat cocok untuk semua kalangan yang ingin menghilangkan dahaga. Tempat ini menyediakan berbagai menu, diantaranya Donal, Delon, Desi, Desusi, Desuklat, dan Desuput.
Alamat : Jl. Kimangun Sarkoro Dracik Batang
       Setelah mencari-cari tempat untuk usaha ini, kami memutuskan untuk memilih di daerah kompleks sekolah yang berada di Jl. Kimangun Sarkoro karena tempatnya sangat strategis dan banyak anak-anak sekolah maupun guru-guru yang lewat.
Pemilik Usaha : Risky Syah Komara dan Muhammad Faris Saputra
       Karena usaha ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan beberapa tahun kedepan, dan nantinya akan datang banyak pelanggan, maka kami merekrut satu orang karyawan, yaitu Farouq Iqbal Fata.
2.      LATAR BELAKANG
                 I.            Banyak jalan menuju kesuksesan yang bisa kita raih, salah satu diantaranya adalah membuat sebuah bisnis baru yang menggiurkan dan selalu mengembangkan inovasi dan kreatifitas.
Bisnis minuman ini adalah pilihan bisnis yang sangat menjanjikan beberapa tahun ke depan. Sebab, masyarakat saat ini sangat berminat untuk mencicipi berbagai kuliner yang ada di Indonesia. Bisnis minuman tidak pernah mati selama manusia masih memerlukan minum, jadi peluang inilah yang menjadi patokan kami untuk usaha ini.
              II.            Untuk memulai usaha ini, kami mengusahakan untuk tempat terlebih dahulu. Tempat yang kami gunakan adalah di rumah yang berada di Jl. Kimangun Sarkoro yang sangat strategis dan berada di sekeliling kompleks sekolah. Hal selanjutnya yang dilakukan kami adalah membeli peralatan pembuatan aneka minuman yang terbuat dari kelapa muda atau yang biasa disebut degan. Kemudian gelas-gelasnya juga, meja dan kursi, setiap meja yang digunakan dapat ditempati sampai enam orang. Langkah selanjutnya adalah tahap promosi agar usaha kita dikenal publik. Promosi cukup pada beberapa saat sebelum sampai sesudah pembukaan saja, sesudah itu kita manfaatkan promosi dari mulut ke mulut para konsumen.
3.      PROGRAM PEMASARAN
I.         Konsep Produk dan Sasaran
Konsep produk yang dijual adalah kelapa muda yang dicampur dengan bahan-bahan lain, yang mana kelapa muda ini sangat pas untuk diminum bagi semua kalangan. Namun pasar sasaran yang ingin kami layani dalah siswa-siswi yang bersekolah di kompleks Dracik, baik itu siswa-siswi SD, SMP maupun SMA.
II.      Program Pengenalan dan Promosi
Berhubung masih baru, cara menarik pengunjung untuk mengunjungi tempat kami adalah dengan memberikan diskon selama satu minggu dan menyebarkan pamflet-pamflet iklan di jalan raya. Dengan begitu, pengunjung akan tertarik dengan tempat pelepas dahaga ini, dan pelayanan yang ada sesuai dengan iklan sehingga mereka tidak kecewa dengan apa ayang disajikan.
III.   Penetapan Harga
Berdasarkan harga kelapa muda yang relatif terjangkau, kami menetapkan harga yang sesuai variant minuman yang kami sediakan, diantaranya adalah:
Ø  Donal          (Degan Original)                     Rp. 2.500,-
Ø  Delon          (Degan Melon)                        Rp. 3.500,-
Ø  Desi            (Degan Sirup)                          RP. 3.500,-
Ø  Desusi         (Degan Susu Sirup)                 Rp. 4.000,-
Ø  Desuklat     (Degan Susu Coklat)               Rp. 4.000,-
Ø  Desuput      (Degan Susu Putih)                 Rp. 4.000,-
Dan masih banyak varian yang sesuai selera atau permintaan konsumen. Setelah berjalan dengan lancar, kami akan mengembangkan usaha ini dengan berbagai makanan seperti : roti bakar, ice cream, dll.
IV.   Distribusi / Penyampaian Produk
Konsumen dapat menikmati hidangan yang kami sajikan ditempat kami, atau jika konsumen ingin menikmatinya di rumah, kami dapat membungkusnya dengan plastik yang kami sediakan.
4.      PROGRAM PRODUKSI
I.         Peralatan yang Digunakan
-          Wadah Air dan Kerokan Degan
-          Gelas
-          Sendok
-          Penampan
-          Plastik
-          Sedotan
II.      Bahan yang Digunakan
-          Es Batu
-          Degan
-          Melon
-          Sirup
-          Susu Coklat
-          Susu Putih
-          Dll
III.   Cara Produksi
        Disajikan di dalam gelas dengan mencampur degan dengan bahan-bahan yang ada sesuai dengan permintaan konsumen, atau jika konsumen ingin menikmati minuman ini dirumah, kami bisa membungkusnya dengan plastik yang kami sediakan.
IV.   Target Produksi
        Target produksi dari semua kalangan, terutama anak-anak sekolah ataupun guru-guru yang berada di sekitar kompleks tersebut.
5.      PROGRAM SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber daya yang kami rekrut hanya satu orang. Mengingat usaha ini adalah usaha kecil yang pada umumnya orang bisa melakukan pekerjaan ini, maka tidak diperlukan ketrampilan khusus seperti usaha di restaurant, yang diperlukan hanya keuletan kerja dari karyawan tersebut.
Sistim penggajian yang akan kami berikan adalah gaji berdasarkan kerja per satu bulan, dengan nominal Rp. 450.000,-
6.      PROGRAM KEUANGAN
I.         Jumlah Dana
Jumlah dana investasi yang kami butuhkan Rp. 13.000.000,-
II.      Sumber Dana
Untuk membuka usaha pelepas dahaga ini, sumber dana yang didapat berasal dari pinjaman dan tabungan dari kami.
III.   Cara Menghitung Biaya Produksi
RINCIAN AWAL BELANJA
Uraian
Harga Satuan (Rp)
Keterangan
Jumlah (Rp)
Tempat Usaha
350.000/bulan
12 bulan
4.200.000
Gerobak Etalase


1.500.000
Gelas
2.500/buah
30 buah
75.000
Sendok
12.500/lusin
2 lusin
25.000
Penampan plastik, basket buah


200.000
Meja-kursi
50.000/buah
3 buah
1.500.000
Alas Karpet

2x3
200.000
MMT dan Spanduk


100.000
Retribusi tempat, listrik, air, dll


200.000
1 Karyawan
450.000/bulan
12 bulan
5.400.000
Lain-lain


150.000
JUMLAH
12.200.000
Bahan makanan


800.000
JUMLAH
13.000.000



7.      PROYEKSI KINERJA
I.         Target Penjualan
60 gelas/hari, è 60x30x12 = 21.600 gelas/tahun
II.      Analisis Break Event Point
a.       Biaya variabel, terdiri dari:
-Biaya Bahan Baku                           Rp. 1.500/gelas
-Bahan-bahan Pembantu                   Rp. 1.000/gelas
                                  Jumlah                       Rp. 2.500/gelas
b.      Biaya tetap, terdiri dari:
-Sewa Tempat 1 Tahun                     Rp.4.200.000,-
-Peralatan, dll                                    Rp. 2.600.000,-
-1 Karyawan, per tahun                    Rp. 5.400.000,-
                                  Jumlah           Rp. 12.200.000,-
c.       Harga jual rata-rata   3500/gelas

BEP =

=  = 12.200 gelas / tahun

III.   Bukti Laporan Keuangan
Penjualan                     21.600 x Rp. 3.500,-               = Rp. 75.600.000,-
Biaya Variabel             21.600 x Rp. 2.500,-               = Rp. 54.000.000,-
                                    Margin Kontribusi                            = Rp. 21.600.000,-
Biaya Tetap                                                                 = Rp. 12.200.000,-
                                    Laba                                                   = Rp. 9. 400.000,-